Fandom

Apple ijinkan windows di mac

126pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Oleh wah | Kompas Cyber Media

New York, Rabu

Mulai sekarang, para pengguna Apple tak perlu bersusah-payah mengutak-atik cara menjalankan Windows di komputernya. Apple Computer Inc. telah merilis software patch yang memungkinkan pengguna komputer Macintosh berbasis prosesor Intel menjalankan sistem operasi Windows XP.

Bernama Boot Camp, versi betanya mulai tersedia untuk diunduh sejak Rabu (5/5). Software yang juga akan dikemas secara terpadu dalam sistem operasi Mac OS X 10.5 yang dilabeli Leopard akan dirilis secara resmi pada bulan Agustus saat Konferensi Dunia Pengembang Apple.

"Saya pikir, Boot Camp justru akan membuat Mac lebih dikenal para pengguna Windows sehingga mendorong mereka untuk beralih," kata Philip Schiller, wakil presiden senior Apple untuk pemasaran produk global. Meskipun demikian, pada dasarnya Apple tidak memiliki keinginan atau rencana untuk menjual atau mendukung Windows.

Ini hanyalah upaya memenuhi keinginan banyak pelanggan yang tertarik menjalankan Windows di hardware terbaik buatan Apple, khususnya yang telah menggunakan prosesor Intel. Dengan Boot Camp, pengguna Mac berbasis Intel dapat memilih untuk menjalankan Mac OS atau Windows XP setiap kali menyalakan komputer.

Meskipun Mac OS X dilarang penggunaannya di komputer selain Apple, produsen komputer tersebut belum pernah melarang pengguna Mac menjalankan Windows di komputernya.

Banyak pengguna Mac yang antusias ketika melihat Windows dapat dijalankan di Mac. Bahkan, sampai ada kontes menjalankan XP di Mac beberapa minggu lalu. Popularitas Mac semakin terangkat sejak Apple mengumumkan rencananya beralih ke prosesor Intel.

Sejak Juni 2005, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu menyatakan akan mengalihkan seluruh produk buatannya ke prosesor buatan Intel Corp. dari chip PowerPC buatan IBM. Rencananya, pada akhir 2007, seluruh lini produk Mac akan berbasis prosesor Intel. Pada bulan Januari, Apple telah merilis Mac pertama yang menggunakan prosesor Intel Core Duo.

Sumber: reuters/cnet

Also on Fandom

Random Wiki