Fandom

Switch 101

126pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share

Selamat atas pembelian anda atas unit komputer Macintosh baru. Hanya dengan mengeluarkan komputer baru anda, colok ke listrik, anda bisa mulai berselancar di internet, bekerja atau ngerock sekalian. Dan ketika anda mau menambahkan alat baru – seperti sebuah kamera digital atau iPod – anda tinggal colokkan dan langsung berjalan. Apakah terlalu bagus untuk jadi kenyataan? Tidak, Mac itu benar-benar sehebat itu.

Kenapa pakai Mac?Edit

Langsung JalanEdit

Mau belajar tentang Mac? Pelajaran 1: Dia engga gampang ngehang. Software Mac di buat oleh orang yang sama dengan yang membuat komputer Mac yang indah. Mac selaju jalan dan tidak mengecewakan anda.

Semudah pakai iPodEdit

iPod anda punya sejarah, dan sejarah itu dimulai dengan Mac. Desain yang keren. Mudah, terintegrasi dengan software Apple dan beberapa hal yang “keren”. Bila anda suka dengan iPod, anda akan suka dengan Mac.

Sebuah alat musikEdit

Lebih dari sekadar memainkan musik di iTunes, Mac anda bisa bikin musik sendiri. Anda mau merekam hit besar anda berikutnya, bikin CD sendiri, terserah anda. Anda melakukan itu semua di komputer yang di pakai profesional musik dunia.

Foto yang sempurnaEdit

Bila setiap gambar menceritakan sesuatu, anda akan hidup bahagia selamanya dengan Mac baru anda. Colok kamera anda, dan Mac anda akan lakukan sisanya, membantu anda membagi foto lebih cepat dari mengatakan “cheese.”

Windows? Kenapa enggaEdit

Dengan Mac, anda akan bisa berhubungan dengan jaringan kantor anda, membagikan file Office dengan rekan, dan bahkan menggunakan banyak peranti PC anda.

Komputer cantikEdit

Untuk mengetahui apa yang bikin Apple beda, anda tinggal buka mata anda. Desain yang cantik, dan fungsi maksimal adalah Mac anda.

Pindahkan data dari PC anda ke Mac anda.Edit

Sebuah kenyataan, bahwa hal paling ribet dalam mengeset Mac baru anda adalah mencari cara memindahkan seluruh data PC anda. Ini adalah enam cara mudah yang anda bisa lakukan:

Biarkan reseller anda lakukanEdit

Biarkan seorang staff dari reseller tempat anda membeli Mac anda membantu anda memindahkan data dari PC anda ke Mac baru anda. Gratis bila anda membeli Mac di Authorized Apple Reseller.

iPodEdit

Tahukan anda bahwa anda bisa pakai iPod anda untuk memindahkan data? Pindahkan data PC anda ke iPod, sambungkan iPod ke Mac, dan pindah!

External Drive / Bakar CDEdit

Bakar sebuah CD atau DVD, atau gunakan sebuah drive eksternal. Mac bisa membaca file format PC dengan mudah, dan anda bisa backup data aman anda.

Move2Mac SoftwareEdit

Software ini mengambil semua info Windows anda dan menaruhnya di Mac baru anda. Kabel yang anda butuhkan bahkan tersedia. Apakah bisa lebih mudah?

NetworkEdit

Dengan sekecil sebuah kabel, anda bisa menciptakan koneksi super cepat antara PC dan Mac anda. Transfer data hanya memakan waktu beberapa menit saja.

KVM SwitchEdit

Atau, anda bisa membiarkan data anda berada di PC dan menggunakan keyboard, monitor, mouse dan koneksi internet PC anda bersama dengan Mac.

Selamat datang ke lingkungan AquaEdit

Bila anda baru saya pindah dari PC berbasis Windows ke sebuah Mac, topik ini akan membantu anda melihat beberapa perbedaan yang anda akan temukan ketika menggunakan komputer (sebagai permulaan, sekarang anda bisa cium ratusan virus dan “layar biru kematian” di PC lama anda perpisahan selamanya). Jika anda butuh bantuan familiarisasi dengan interface Mac dan cara melakukak beberapa task, anda akan temukan disini.

Dari Ctrl ke Edit

Mungkin anda sudah terbiasa untuk melakukan beberapa hal di Windows dengan caranya sendiri. Bagian ini akan menunjukkan bagaimana fungsi yang sama dijalankan di komputer Mac.

Di Windows, saya terbiasa…, sedangkan di Mac, caranya adalah…Edit

  • Pencet tahan Control (Ctrl) untuk melakukan command (seperti Ctrl+C untuk copy).
    • Pencet tahan Command (yang berlogo Apple) untuk melakukan command (seperti Command-C untuk copy).
  • Pencet tahan Alt sebagai modifier, atau untuk ketik karakter spesial.
    • Pencet tahan Option key sebagai modifier, atau untuk ketik spesial.
  • Klik tanda silang untuk keluar jendela.
    • Klik pada tanda keluar (yang lingkaran merah di kiri atas) untuk keluar jendela.
  • Klik tanda silang untuk keluar program
    • Dari menu aplikasi, pilih Quit Application name, atau pencet Command-Q, untuk keluar aplikasi.
  • Klik tanda minimize untuk minimize jendela ke taskbar.
    • Klik pada tanda minimize (yang lingkaran kuning di kiri atas) untuk minimize jendela ke dock.
  • Klik tanda maximize untuk membesarkan jendela keseluruhan layar.
    • Klik pada tanda maximize (yang lingkaran hijau di kiri atas) untuk memperbesar jendela
  • Membuka My Computer untuk melihat dan mengakses semua di dalam komputer.
    • Klik dua kali pada lambang hard disk di desktop untuk lihat dan akses semua software di komputer. Akses disk yang ada (seperti external hard disk dan USB flash), server dan CD / DVD dengan klik icon mereka di Desktop. Atau bisa launch semua dengan search di Spotlight.

Migrasi BesarEdit

Sekarang anda memiliki sebuah Mac, anda akan berpikir file apa saja yang bisa anda pindahkan dari PC Windows anda ke Mac. Ini yang akan kami bandu di topik ini. Mac anda bisa membuka beragam tipe file dari PC Windows, selama anda memiliki software yang diperlukan untuk menjalankan file tersebut.

Sebagai contoh, anda bisa pindahkan semua file Microsoft Office anda ke Mac dan membukanya bila Mac anda terinstall Microsoft Office for Mac OS X, and Office di Mac berfungsi persis seperti Office di PC. Seperti itu, anda bisa pindahkan dokumen Adobe Photoshop (.psd) ke Mac anda dan membukanya bila Mac anda terinstall Adobe Photoshop (atau Photoshop Elements). Juga sama dengan Quicken, FileMaker Pro, Macromedia Studio, QuarkXPress, Quickbooks, dan banyak aplikasi lain, bila anda punya versi Mac nya, anda bisa buka file PC lama anda.

Bila anda memiliki beragam jenis file audio (MP3, WAV, AAC QuickTime, AIFF, dan seterusnya), file gambar (JPEG, PDF, TIFF, GIF, RAW, dan sebagainya), atau file film (MPEG-4, DV, Flash, AVI, QuickTime, dan banyak lagi), anda bisa pindahkan semua ke Mac. Anda bisa pergunakan iTunes atau Quicktime Player (sudah termasuk dalam Mac anda) untuk memainkan file audio apa saja, iPhoto atau Preview (juga termasuk) untuk melihat file gambar apa saja, dan QuickTime Player untuk menonton file film dari segala jenis.

Sambungkan perangkat sayaEdit

Berpindah menggunakan sebuah Mac bukan berarti meninggalkan perangkat lama anda. Faktanya, hampir semua printer, scanner, kamera digital, modem, router, kamera DV, hard disk eksternal, USB flash drive, peralatan musik, pemutar MP3, dan perangkat digital lain hidup dengan bersama dengan Mac dan Windows.

Cek di website pembuat perangkat anda apalah produk mereka berjalan dengan sebuah Mac. Jika iya, anda seharusnya bisa mendownload driver buat Mac (bila diperlukan, karena jarang sekali perlukan) dari website mereka untuk menggunakan perangkat mereka dengan Mac. Mac OS X 10.4 Tiger sudah terisi dengan ribuan driver perangkat masa kini, beragam dari USB printer, scanner, scanner lewat Image Capture, Epson scanner driver, CUPS printer, Postscript transparency printing, sharing printer personal, dan banyak lagi.

Mac OS X 10.4 TigerEdit

SpotlightEdit

Hentikan kebiasaan anda mencari. Temukan. Dengan Spotlight, anda bisa menemukan yang anda cari secepat anda mengetik. Carilah seluruh sistem anda dari satu tempat, mulai dari file, email, kontak, gambar, kalender, aplikasi, dan semua akan muncul secara instan.

AutomatorEdit

Jangan biarkan pekerjaan rutin anda menjadi beban. Jika anda selalu mengerjakan sesuatu dengan berulang-ulang, berhenti sekarang, dan biarkan automator lakukan pekerjaan anda. Sekarang anda memiliki sebuah robot yang senang berkata “biarkan saya yang lakukan” www.mac.com

DashboardEdit

Cek waktu, lihat cuaca, perhatikan jadwal pesawat, lihat harga saham dan cari jadwal film secara instan. Dengan hanya sebuah klik, Dashboard muncul di komputer anda, memperlihatkan Widget keren yang di desain untuk kesenangan dan fungsu optimal.

ExposeEdit

Lihat semua yang anda buka hanya dengan sebuah sentuhan, dalam gaya yang tidak bisa di bandingan dengan sistem lain. Memperlihatkan semua jendela yang terbuka dalam thumbnail, atau meminggirkan semua jendela untuk membantu anda memanggil file yang anda di desktop.

System PreferencesEdit

Dengan Mac OS X Tiger, anda memiliki kendali penuh akan sistem anda, bahkan walau anda berbagi komputer dengan teman anda. Anda dan teman bisa mengatur berbagai hal secara sendiri-sendiri, tanpa masalah.

InternationalEdit

Mac OS X berbicara dengan bahasa anda. Walau saat ini bahasa Indonesia belum tersedia, anda bisa memilih tulisan dari Roma, Jepang dan Cina. Anda bisa juga mengganti seluruh bahasa sistem ke banyak pilihan bahasa yang ada.

Universal AccessEdit

Mac OS X Tiger memberikan solusi yang elegan dan efektif kepada mereka yang memiliki kekurangan pengelihatan, pendengaran dan gerak. Di buat langsung ke inti Tiger, fitur ini bisa di akses dari aplikasi apa saja.

WindowsEdit

Mac OS X Tiger disertakan dengan teknologi yang menjamin Mac dan PC yang menjalankan Windows untuk bekerja sama tanpa masalah. Mac dan PC dapat dengan mudah berbagi file, printer, scanner, kamera, dann lain-lain.

Address BookEdit

Tetaplah tersambung dengan semua teman dan kerabat keluarga anda. Mac OS X Tiger Address Book bekerja sama dengan seluruh sistem, memberikan kemampuan melihat daftar nama di Dashboard, folder pintar dengan kemampuan Spotlight, dan juga sinkronisasi otomatis dengan iSync dan .Mac

Faxing, built inEdit

Di Mac OS X Tiger, anda dapat mengirimkan fax dari aplikasi apa saja. Aplikasi Mail mengelompokkan semuanya, dan anda bisa lihat di Preview.

iCalEdit

Hari-hari anda penuh dengan janji dan aktifitas; bermain musik di kafe, datang ke sekolah anak anda, datang ke pesta dansa, dan banyak lagi. Anda memerluka organizer yang mudah dan cepat, dan disitu iCal masuk. Dengan fitur yang mudah dipakai, iCal adalah solusi yang sangat baik untuk penjadwalan.

iChat AVEdit

Menawarkan tampilan tiga dimensi, iChat AV di Tiger dapat mensimulasikan kehadiran teman anda di satu ruangan bersama anda. Lihat gambar refleksi mereka, seperti mereka sedang di ruangan duduk bersama anda.

iSyncEdit

iSync memudahkan anda untuk menjaga kebaruan data di banyak perangkat anda. iSync bekerja dengan banyak handphone, PDA, dan banyak lagi.

MailEdit

Pandu seluruh email dan komunikasi anda dengan Mail. Mail sekarang sudah berpadu dengan teknologi pencarian Spotlight, membantu anda mencari email secara cepat dan akurat, menyusun pesan menggunakan folder pintar dan membagi, menyimpan dan lihat email dengan mudah.

Safari RSSEdit

Lihat semua berita terbaru, beserta informasi dan artikel dari banyak tempat dengan pembaca RSS yang mudah, dan terbuat untuk anda. Safari RSS membuat anda lebih gampang melihat berita dan anda akan merasa tidak ketinggalan apa-apa.

QuickTimeEdit

QuickTime 7 membuat masa depan video cerah dan jelas dengan fitur baru seperti kontrol yang mudah dan kemampuan memainkan video berformat H.264. Upgrade ke Quicktime Pro dan tangkap film anda sendiri, dan bagikan dengan email atau .Mac.

Extra readingEdit

Untuk menambah pengetahuan anda, anda dapat:

  • Membaca FAQ Macintosh yang berisi pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai Mac yang sering ditanyakan di milis
  • Membaca FAQ Macintosh oleh Jeffry Thurana, sebuah artikel yang lengkap mengenai tanya-jawab Mac oleh Jeffry Thurana
  • Membaca Tutorial Macintosh yang berisikan lengkap cara-cara melakukan berbagai hal di Mac OS
  • Membaca artikel-artikel lain di Wiki ini, yang berguna bagi pengetahuan anda tentang Macintosh
  • Ikutan milis id-mac, dimana anda dapat bertanya segalanya mengenai Macintosh
  • Browsing internet, hehehe.

Also on Fandom

Random Wiki